javascript

Halo Sahabat Kang Rizky , berjumpa lagi ya di Blog yang sama ya, dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi Tips Dan tutorial Apa yang dim...
Daftar Isi [Tampil]

    Halo Sahabat Kang Rizky, berjumpa lagi ya di Blog yang sama ya, dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi Tips Dan tutorial Apa yang dimaksud dengan rasio pentalan di Google Analytics.

    Google Analytics adalah alat canggih yang membantu mengukur dan melacak pertumbuhan situs web. Secara khusus, rasio pentalan adalah salah satu indikator statistik penting Google Analytics. Pada artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang rasio pentalan dan metode untuk meningkatkan rasio pentalan.

    Apa itu rasio pentalan?

    Rasio pentalan adalah istilah yang digunakan dalam mengukur efektivitas lalu lintas Google Analytics. Rasio pentalan adalah persentase pengunjung web Anda yang hanya melihat satu halaman dan segera meninggalkannya.

    Menurut Google , suatu sesi dihitung sebagai sesi keluar ketika sesi tersebut hanya mengirimkan satu koneksi ke server Google Analytics. Misalnya, ketika pengguna hanya melihat satu halaman di sebuah situs web lalu keluar. Dalam sesi ini, pengguna cukup menelusuri konten tanpa mengklik menu atau membuka artikel lain di halaman tersebut, tanpa melakukan interaksi apa pun dengan website Anda sama sekali.

    Kita bisa menggunakan rasio pentalan sebagai standar untuk mengukur kualitas konten di website. Website dengan konten berkualitas biasanya akan memiliki tingkat engagement yang tinggi. Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan situs web Anda, semakin rendah rasio pentalannya .

    Cara menghitung rasio pentalan

    Rasio pentalan dihitung dengan membagi jumlah sesi satu halaman dengan jumlah total tampilan halaman. Satuan perhitungannya adalah persen (%).

    Rasio pentalan = jumlah sesi pada satu halaman / jumlah total sesi pada halaman tersebut.

    Perlu diperhatikan, karena tidak ada interaksi internal dalam satu sesi halaman, Google Analytics tidak dapat mengukur durasi sesi. Oleh karena itu, durasi sesi satu halaman akan dihitung sebagai 0 detik . Anda dapat melihat selengkapnya tentang cara Analytics menghitung durasi sesi .

    Rasio pentalan dan Rasio keluar

    Banyak orang dengan mudah mengacaukan Rasio Pentalan dan Rasio Keluar. Tingkat keluar suatu halaman adalah persentase halaman tersebut yang merupakan halaman terakhir yang dilihat pengguna dalam suatu sesi.

    Untuk membedakan dengan jelas kedua konsep ini, silakan lihat contoh di bawah ini. Katakanlah kita memiliki tampilan halaman seperti ini:

    • Sesi 1: Halaman B > Halaman A > Halaman C 
    • Sesi 3: Halaman A > Halaman C > Halaman B  
    • Sesi 4: Halaman B > Halaman C > Halaman A 

    Dalam contoh di atas, rasio Pentalan dan rasio Keluar akan dihitung sebagai berikut.

    Rasio pentalan:

    • Halaman A : 0% (ada 1 sesi yang dimulai dari halaman A dan bukan satu sesi)
    • Halaman B: 33% (ada 3 sesi dimulai dari halaman B dan termasuk 1 sesi tunggal)
    • Halaman C : 100% (ada 1 sesi yang dimulai dari halaman C dan sesi tersebut merupakan sesi tunggal)

    Tingkat keluar:

    • Halaman A: 33% (ada 3 sesi dengan halaman A dan 1 sesi diantaranya diakhiri dengan halaman A)
    • Halaman B: 50% (ada 4 sesi dengan halaman B dan 2 sesi diantaranya diakhiri dengan halaman B)
    • Halaman C : 50% (ada 4 sesi dengan halaman C dan 2 sesi diantaranya diakhiri dengan halaman C)

    Rasio pentalan dan SEO

    Banyak orang bertanya-tanya bagaimana rasio pentalan mempengaruhi SEO. Faktanya, rasio pentalan adalah indikator statistik yang digunakan untuk mencerminkan efektivitas lalu lintas pengunjung situs Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh bingung antara rasio pentalan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat SEO .

    Anda juga dapat yakin bahwa Google tidak menggunakan data dari Google Analytics untuk menentukan peringkat hasil pencarian. Namun jika laman Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi, pengguna dari laman penelusuran akan mengunjungi situs web Anda dan kemudian kembali ke hasil penelusuran. Ini mencerminkan bahwa konten Anda tidak terlalu relevan dengan hasil pencarian. Ini pertanda buruk untuk SEO Anda.

    Apa yang harus dilakukan jika rasio pentalan tinggi?

    Jika website Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi, belum tentu buruk. Ini tergantung pada jenis situs web yang Anda miliki. Jika situs web Anda bergantung pada pengguna yang melihat banyak halaman, rasio pentalan yang tinggi berdampak buruk. Misalnya, jika beranda Anda adalah pintu gerbang ke seluruh situs web (seperti e-niaga, artikel berita, laman produk, dll.) dan dengan rasio pemirsa beranda yang tinggi, Anda memerlukan rasio pentalan yang rendah.

    Rasio pentalan 70% atau lebih dianggap tinggi.

    Sebaliknya, jika situs web Anda menyediakan konten tunggal seperti blog, atau konten berbentuk tunggal lainnya, rasio pentalan yang tinggi adalah hal yang normal. Bagian selanjutnya akan membagikan tips untuk membantu Anda mengurangi rasio pentalan.

    Bagaimana cara mengurangi rasio pentalan?

    Untuk mengurangi rasio pentalan, pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek dengan cermat, sehingga menentukan penyebab masalahnya. Mari kita menganalisis laporan di Analytics dengan cermat:

    • Laporan Ikhtisar Pemirsa memberikan keseluruhan rasio pentalan untuk situs Anda.
    • Laporan Saluran memberikan rasio pentalan untuk setiap grup saluran.
    • Laporan Semua Lalu Lintas memberikan rasio pentalan untuk setiap pasangan sumber/media.
    • Laporan Semua Halaman memberikan rasio pentalan untuk setiap halaman.

    Jika rasio pentalan Anda secara keseluruhan tinggi, Anda dapat menggali lebih dalam untuk melihat apakah rasio pentalan Anda sama tinggi atau apakah hasilnya terbatas pada kategori tertentu seperti satu atau dua saluran, pasangan sumber/media, atau hanya beberapa halaman.

    Jika saluran tertentu memiliki rasio pentalan yang tinggi, tinjau upaya pemasaran Anda untuk saluran tersebut, misalnya, jika pengguna keluar dari laman setelah membuka melalui Display, pastikan iklan Anda terkait dengan konten situs web.

    Selain itu, tips berikut juga membantu Anda meningkatkan rasio pentalan:

    • Tingkatkan UI/UX : Tingkatkan pengalaman untuk membantu pengunjung lebih banyak berinteraksi dengan situs web Anda.
    • Meningkatkan kecepatan memuat halaman : Tentunya semua orang akan tidak sabar dengan situs web yang memuat terlalu lambat. Kecepatan memuat halaman optimal yang seharusnya Anda miliki adalah di bawah 3 detik. Anda dapat menggunakan Pingdom atau alat PageSpeed ​​​​Insight untuk menguji situs web Anda.
    • Gunakan video : Video memberikan pengalaman yang kaya dan meningkatkan keterlibatan. Anda dapat menambahkan beberapa tombol tindakan di samping video.
    • Peningkatan keterbacaan . Konten di situs web Anda harus koheren dan jelas.
    • Fokus pada objek tertentu . Tentu saja, konten di situs web Anda bukan untuk setiap pengunjung, jadi buatlah strategi konten yang berfokus pada audiens tertentu untuk meningkatkan keterlibatan.

    Menyimpulkan

    Rasio pentalan adalah indikator statistik penting yang menjadi dasar kita dapat lebih memahami perilaku pengguna saat mengakses situs web. Anda dapat menggunakannya untuk lebih memahami keterlibatan pengunjung. Selain itu, berdasarkan indeks ini juga membantu kami mengidentifikasi halaman yang perlu diperhatikan untuk perbaikan. 

    Memenuhi harapan pengunjung dengan baik tidak hanya membantu meningkatkan sumber lalu lintas tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan reputasi situs web. Ini juga membantu meningkatkan peringkat hasil pencarian. Gunakan Google Analytics dengan bijak.

    Demikian Apa yang dimaksud dengan rasio pentalan di Google Analytics.

    Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya teman-teman, Terima Kasih

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat Kang Rizky, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    BCA : 0097107746
    Dana : 0859106622156
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.

    javascript