javascript

Halo Sahabat Kang Rizky , berjumpa lagi ya di Blog yang sama ya, dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi Belajar Bootstrap 5 bagi Pemul...
Daftar Isi [Tampil]
    Sahabat hanya dengan pemahaman mengenai CSS dan HTML saja, sahabat tentunya juga sudah bisa menggunakan Bootstrap ini ya

    Halo Sahabat Kang Rizky, berjumpa lagi ya di Blog yang sama ya, dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagi Belajar Bootstrap 5 bagi Pemula Level 1.

    Mungkin sahabat sering mendengar kata Bootstrapkan. Apa sih itu Bootstrap? Bagaimana cara mengaplikasikanya? lalu apa saja yang perlu dipelajari? dan mungkin banyaknya pertanyaan lainnya yang mimin tidak bisa tebak hehe.

    Pengertian Singkat Bootstrap

    Bootstrap merupakan kerangka kerja "frameworks" CSS yang terbuka dan tentunya bisa dibilang bebas. Dalam istilah tersebut kerennya Gratistis dan juga Open Sourc. Artinya semua pengguna pasti bisa menggunakannya dengan mudah dan tentunya semua orag bisa melakukannya dalam pemikiran metode pembelajaran tentang Bootstrap ini.

    Apakah sahabat perlu keahlian yang khusus untuk menggunakan Bootstrap ini?

    Sahabat hanya dengan pemahaman mengenai CSS dan HTML saja, sahabat tentunya juga sudah bisa menggunakan Bootstrap ini ya. Hanya saja pengalaman yang mimin rasakan selama ini agak susah menghapal classnya, karena sangat banyak sekali yang tentu perlu dipahami lebih dalam. Tetapi sambil belajar lama-lama pasti hapal dengan sendirinya. Santai saja untuk belajar mengenai Bootstrap ini ya gaes...

    Sejarah Singkat Mengeai Bootstrap

    mimin hanya akan jelaskan secara singkat saja ya biar tidak panjang panjang artikelnya pastinya membuat banyak pembaca yang bosan kalo artikelnya panjang, karena sudah banyak sekali berbagai media baik website atau blog yang menjelaskannya secara detail. Tutorial yang mimin buat ini Insya Allah akan berlanjut beberapa sesi untuk kedepannya kalo mimin tiak sibuk ngantor ya.

    Bootstrap ini pada awalnya Bernama Twitter Blueprints, yang didirikan oleh Mr. Mark Otto dan Mr. Jancob Thornton pada pertengahan tahun 2010. Pada Tanggal 11 Agustus Tahun 2011 perlu diketahui juga karena ada perubahan menjadi Bootstrap dan juga projeknya open source.

    Bootstrap 2

    Juga pada 31 Januari 2012, Bootstrap 2 dilahirkan atau diluncurkan, yang menambahkan sistem layout 12 colom grids yang tentunya sangat responsif, dukungan builtin ini untuk Glyphicons, beberapa komponen yang baru, serta juga ada perubahan dari beberapa komponen yang sudah ada ya gaes.

    Bootstrap 3

    Sahabat pada 19 Agustus 2013, Bootstrap 3 ini diluncurkan, yang didesain ulang komponennya untuk menggunakan desain yang flat, dan pendekatan mobile first tentu lebih lengkap dan tampilan menarik.

    Bootsrap 4

    Pada Bootstrap 4 ini mulai dikembangakan pada tanggal 29 Oktober 2014, dan versi stabilnya diluncurkan tepat pada tanggl 18 Januari 2018. Banyak perubahan serta update pada versi 4 ini diantaranya sebagai berikut ini

    • Menghapus font Glyphicon
    • Mengubah pixel menjadi em
    • Penulisan atur ulang hampir semua komponen, baik plugin jQuery dan dokumentasi
    • Dan masih banyak lagi

    Bootstrap 5

    Banyak perubahan pada update versi 5 ini diantaranya sebagai berikut ini :

    • Menghapus jQuery dan diganti dengan vanilla JavaScript. (JavaScript yang murni, sehingga membuat lebih ringan lagi)
    • Menulis atur ulang komponen grid untuk mendukung fitur terbaru pada colom yang ditempatkan di luar baris dan gutter (ruang antara colom) yang sangat responsif.
    • Migrasi dokumentasi dari Jekyll ke Hugo.
    • Menghapus dukungan browser web IE10.
    • Dan memindahkan QUnit ke Jasmin.

    Pada saat ini artikel ditulis, sudah sampai pada update V.5.3 dan Tutorial yang akan mimin buat tentang Bootstrap V.5.3 ini

    Mempersiapkan Diri Untuk Belajar Bootstrap

    Sahabat untuk tutorial pemula ini, Hanya 1 saja yang sahabat perlukan yaitu Aplikasi Teks Editor. Sahabat gunakan yang mudah dulu saja supaya tidak binggung dan membuat pening dikepala sahabat, gunakan saja software komputer yaitu Notepad++ sudah cukup, bagi yang belum mempunyai software tersebut sahabat silahkan Unduh terlebih dahulu Notepad++ dan langsung di Install.

    Untuk Pendukung lainnya tentunya sahabat sudah install yaitu browser. mimin kira sudah tidak perlu lagi dijelaskan panjang lebar mengenai browser ini ya, bisa gunakan Chrome, Firefox, Opera, dan seterusnya. Fungsi pada browser ini adalah untuk menampilkan hasil kerja sahabat saja.

    Menggunakan Bootstrap Dengan Mudah

    Oh iya, Ada 3 cara untuk menggunakan Bootstrap sebagaberikut ini :

    1. Menggunakan Content Delivery Network : Untuk penggunaan CDN ini sahabat cukup menyimpan link CSS dan JSnya saja. Tapi kekurangannya harus terhubung ke jejaring internet
    2. Mendownload Asset : Cara kedua ini adalah mendownload CSS dan JSnya, otomatis ketika sahabat edit filenya tidak harus terhubung ke jejaring internet, karena cukup sekali ketika mendownload filenya ya. Namun untuk pemula, agak bingung pastinya file mana yang harus disertakan bikin puyeng ini kepala hehe.
    3. Download Dengan package manager : Cara ini lebih ke tingkat lanjut ke level beginner. Makanya untuk lebih mudah mimin akan gunakan No.1 saja supaya tidak binggung.

    Selanjutnya Apalagi

    Sahabat Kangrizky.com untuk pembelajaran selanjutnya, silahkan persiapkan terlebih dahulu software Notepad++ dan koneksi internet yang mewadahi ya, karena mimin akan menggunakan cara no. 1 yang sangat mudah dipelajari

    Tutorial Selanjutnya yang akan kita bahas mengenai Memulai Bootstrap - Tutorial Bootstrap 5 Level 2

    Demikian Belajar Bootstrap 5 bagi Pemula Level 1 yang dapat kami sampaikan semoga beranfaat.

    Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya teman-teman, Terima Kasih

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat Kang Rizky, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    BCA : 0097107746
    Dana : 0859106622156
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Hanya hari ini harga web portofolio cuma 100.000!.

    javascript